Kamis, 14 Desember 2017

Rencana Bisnis PT PETSHOP'KU

PT PETSHOP’KU merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia produk dan jasa dalam beragam kebutuhan hewan peliharaan kesayangan. Seiring dengan banyaknya masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan merupakan sebuah peluang bagi PETSHOP’KU untuk menjual berbagai aksesoris, makanan, dan berbagai perlengkapan yang dikhususkan untuk peliharaan, selain itu juga akan tersedia online booking untuk salon, hotel, klinik, dan pengasuh hewan, dan jasa adopsi hewan.

Dalam rencana pengembangan usaha, kami bergerak dalam dunia maya. Bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami melihat peluang yang cukup besar dalam penjualan online. Saat ini kebanyakan orang lebih memlih hal yang lebih praktis dan cepat tanpa perlu repot.

Sering kali pemilik hewan kesulitan untuk menemukan berbagai peralatan yang sesuai keinginan pemilik dan yang tepat untuk hewan peliharaan kesayangan, pemilik peliharaan mencari informasi barang yang diinginkannnya di dalam dunia  maya contohnya : olx, kaskus, bukalapak, ataupun tokopedia. Akan tetapi di berbagai macam marketplace tersebut tidak dikhususkan untuk peliharaan. Pemilik peliharaan masih merasa kesulitan untuk mencari barang yang dia mau. Oleh karena itu PT. PETSHOP’KU hadir sebagai marketplace terlengkap serta berkualitas untuk para pecinta hewan.


1. Visi dan Tujuan
         a.    Visi
Membuat peliharaan anda lebih bahagia, wangi, sehat, dan tentunya bersih dengan cara melengkapi kebutuhannya.
      menghubungkan para pecinta hewan & penyedia jasa (kebutuhan hewan) .
b.    Misi
Kami ada untuk melengkapi kebahagiaan dan kesehatan dari hewan peliharaan kesayangan anda sehingga membuat anda sama bahagianya dengan hewan kesayangan anda . Kami selalu menjaga kualitas dan ketersedian produk serta jasa yang kami jual.  Kami akan menjadi wadah nomor satu untuk pet shoppers di seluruh indonesia.

c.    Tujuan
- membuat wadah yang tepat untuk pemilik hewan peliharaan khususnya di indonesia
- Memberi lapak jual untuk penjual hewan dan petshop di dunia maya
- membuat wadah untuk pet shoppers di seluruh indonesia


     2.
 Struktur Organisasi dan Keanggotaan

·         Produksi                              : Andrew Franchly
·         Pemasaran                         : M. Iqbal Gozali
·         Sistem Pembayaran           : Raden Adhyaksa
·         Customer Service               : Chairunnisaa
·         Kurir                                    : 1. Muhammad Trisna
     2. Rahmat Syalim

           3. Ringkasan Stategi Pemasaran
Kami berencana memasarkan Produk dan Jasa yang kami sediakan secara Hybrid melalui toko fisik dan juga online lewat media sosial dan juga website sehingga konsumen dapat memilih produk dan juga jasa yang kami sediakan dan lewat toko fisik konsumen menjadi percaya bahwa kami memiliki tempat usaha yang tetap. Sehingga konsumen dapat juga langsung datang ke toko fisik kami dan memilih sendiri keperluan untuk binatang peliharaanya.
B. Situasi perusahaan
Perusahaan kami terletak di jalan Akses UI no 32 ,depok, jawa barat dimana mudah dicari karena berada dipingir jalan dan dilewati oleh mahasiswa dari 3 universitas yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, Universitas Pancasila dimana masyarakat dapat membeli produk atau menggunakan jasa yang kami sediakan dan kami melihat belum ada Petshop besar yang berdiri di jalan akses UI depok, jawa barat.
C.  ANALISA PESAING DAN ISU-ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1.       Analisa pesaing
Bisnis petshop mulai menjamur seiring banyaknya pecinta hewan peliharaan yang membutuhkan produk dan jasa untuk hewan peliharaannya. Terutama pada saat liburan dimana mereka pergi untuk liburan dan menitipkan hewan peliharaan mereka di petshop, juga karena kesibukan mereka tidak dapat pergi ke toko untuk membeli keperluan peliharaan mereka sehingga mereka bisa membeli secara online produk dan diantarkan ke tempat mereka. Saingan kami adalah toko fisik maupun online yang menyediakan produk serupa dan juga toko petshop di mall yang juga menyediakan jasa seperti kami. Saat ini belum ada toko petshop dijalan akses UI sehingga Perusahaan kami masih menjadi pilihan utama dan juga kami menyediakan Promosi menarik.


E. STRATEGI PEMASARAN
1.      Product
Beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahan seperti makanan untuk hewan dengan berbagai rasa untuk meningkatkan nafsu makan pada hewan, berbagai aksesoris untuk peliharaan, dan jasa untuk perawatan hewan peliharaan, serta menyediakan jasa adopsi peliharaan.

2.      Price
Beberapa data dari harga produk yang di sediakan oleh perusahaan dan jasa untuk membantu perawatan hewan peliharaan customer. Berikut adalah harga produk yang di jual dan harga untuk jasa.

Ø  Produk Food
NO
Produk
satuan
Harga
1.
Dog Food-Happy Dog fit
4 kg
Rp 250.000
2.
Dog Food – Royal Canin X-small
1 kg
Rp 80.000
3.
Cat Food – Royal canin Indoor
1,5 kg
Rp 150.000
4.
Cat Food – Meow-Meow Cats Snack
0,5 kg
Rp 65.000
5.
Rabbit Food- Britter Bunny
1 kg
Rp 75.000
6.
Rabbit Food – Hamsf Bunny
0,5 kg
Rp 40.000
7.
Hamster Food – Hamsfood
0,5 kg
Rp 25.000
8.
Hamster Food – Hamsfood
0,25 kg
Rp 18.000

Ø  Produk Aksesoris
No
Produk
Harga
1.
Tempat Makan Auto
Rp.195.000
2.
Kandang Kucing,Anjing,dll size L
Rp.219.000
3.
Tali pengikat 8 meter
Rp.55.000
4.
Mainan Bola
Rp.62.000
5.
Minyak Bulu Kucing,Anjing,dll 100 ml
Rp.60.000
6.
Sisir Bulu
Rp.28.000




Ø  Jasa Perawatan dan sebagainya
Untuk jasa perawatan yang di sediakan perusahaan yaitu:
ü  Penitipan hewan
Untuk penitipan hewan diadakan suatu ukuran pada hewan dengan menggunakan ras kecil atau besar. Untuk ras kecil di kenakan harga Rp 20.000/hari, ras sedang di kenakan biaya Rp 22.500/hari, dan ras besar di kenakan biaya Rp 25.000/hari.

ü  Perawatan
Perusahaan menawarkan perawatan dengan sistem paket, beberapa paket yang di sediakan oleh perusahan yaitu:
·         Paket A : Standar (harga Rp30.000)
Service yang di berikan yaitu
v  Pembersihan telinga
v  Potong kuku
v  Cukur bulu bagian telapak kaki, bulu perut, dan bulu daerah anus
v  Mandi dengat air hangat
v  Pengeringan bulu
v  Menyisir dan memberikan wangi pada hewan
·         Paket B : semua perawatan (Harga Rp80.000)
Service di berikan seperti paket A hanya di tambahkan yaitu :
v  Basic grooming
v  Model potongan yang di sediakan
·         Paket C : Mandi Obat untuk kutu (harga Rp100.000)
Service yang di berikan seperti paket B tetapi di tambahkan obat untuk membersihkan kutu yang berada di bulu hewan, untuk paket A bisa di tambahkan untuk pemandian obat kutu dengan total perawatan tersebut di tambhakan Rp20.000 menjadi total perawatannya Rp50.000

3.      Promotion
Saat ini promosi yang dilakukan menggunakan teknologi berbasis android dan website. Dengan hal ini memudahkan customer dimanapun untuk membeli produk dan memboking jasa perawatan peliharaan . untuk meningkatkan promosi penjualan dan jasa maka diadakan penyebaran info pada media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram.sehingga produk atau jasa yang di tawarkan dapat diketahui oleh seluruh customer didalm negri maupun diluar negri.

Untuk menambahkan promosi terutama pada produk barang . maka promosi dilakukan melalui situs E-Commerce seperti Lazada,BukaLapak,Tokopedia, dan sebagainya. Dengan melakukan promis tersebut produk barang bisa di jual dengan bebas tanpa melalui webseite atau aplikasi yang disediakan maka promosi yang dilakukan semakin efisien dalam penjualan . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar