PT PETSHOP’KU merupakan sebuah perusahaan
yang bergerak sebagai penyedia produk dan jasa dalam beragam kebutuhan hewan
peliharaan kesayangan. Seiring
dengan banyaknya masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan merupakan sebuah
peluang bagi PETSHOP’KU untuk menjual berbagai aksesoris, makanan, dan berbagai
perlengkapan yang dikhususkan untuk peliharaan, selain itu juga akan tersedia
online booking untuk salon, hotel, klinik, dan pengasuh hewan, dan jasa adopsi
hewan.
Dalam rencana pengembangan usaha, kami
bergerak dalam dunia maya. Bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sangat
pesat, kami melihat peluang yang cukup besar dalam penjualan online. Saat ini
kebanyakan orang lebih memlih hal yang lebih praktis dan cepat tanpa perlu
repot.
Sering kali pemilik hewan kesulitan untuk menemukan berbagai
peralatan yang sesuai keinginan pemilik dan yang tepat untuk hewan peliharaan
kesayangan, pemilik peliharaan mencari informasi barang yang diinginkannnya di
dalam dunia maya contohnya : olx, kaskus, bukalapak, ataupun tokopedia.
Akan tetapi di berbagai macam marketplace tersebut tidak dikhususkan untuk
peliharaan. Pemilik peliharaan masih merasa kesulitan untuk mencari barang yang
dia mau. Oleh karena itu PT. PETSHOP’KU hadir sebagai marketplace terlengkap
serta berkualitas untuk para pecinta hewan.
1. Visi dan Tujuan
a. Visi
Membuat
peliharaan anda lebih bahagia, wangi, sehat, dan tentunya bersih dengan cara
melengkapi kebutuhannya.
menghubungkan para pecinta hewan & penyedia jasa
(kebutuhan hewan) .
b. Misi
Kami ada untuk
melengkapi kebahagiaan dan kesehatan dari hewan peliharaan kesayangan anda sehingga
membuat anda sama bahagianya dengan hewan kesayangan anda . Kami selalu menjaga
kualitas dan ketersedian produk serta jasa yang kami jual. Kami akan menjadi wadah nomor satu untuk pet shoppers di seluruh
indonesia.
c. Tujuan
-
membuat wadah yang tepat untuk pemilik
hewan peliharaan khususnya di indonesia
- Memberi lapak
jual untuk penjual hewan dan petshop di dunia maya
- membuat wadah untuk pet shoppers di seluruh
indonesia
2. Struktur Organisasi dan Keanggotaan
·
Produksi :
Andrew Franchly
·
Pemasaran : M. Iqbal Gozali
·
Sistem Pembayaran : Raden Adhyaksa
·
Customer Service : Chairunnisaa
·
Kurir :
1. Muhammad Trisna
2.
Rahmat Syalim
3. Ringkasan Stategi Pemasaran
Kami
berencana memasarkan Produk dan Jasa yang kami sediakan secara Hybrid melalui
toko fisik dan juga online lewat media sosial dan juga website sehingga
konsumen dapat memilih produk dan juga jasa yang kami sediakan dan lewat toko
fisik konsumen menjadi percaya bahwa kami memiliki tempat usaha yang tetap.
Sehingga konsumen dapat juga langsung datang ke toko fisik kami dan memilih
sendiri keperluan untuk binatang peliharaanya.
B. Situasi perusahaan
Perusahaan kami terletak di jalan Akses UI no 32
,depok, jawa barat dimana mudah dicari karena berada dipingir jalan dan
dilewati oleh mahasiswa dari 3 universitas yaitu Universitas Gunadarma,
Universitas Indonesia, Universitas Pancasila dimana masyarakat dapat membeli
produk atau menggunakan jasa yang kami sediakan dan kami melihat belum ada
Petshop besar yang berdiri di jalan akses UI depok, jawa barat.
C. ANALISA
PESAING DAN ISU-ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa pesaing
Bisnis petshop mulai
menjamur seiring banyaknya pecinta hewan peliharaan yang membutuhkan produk dan
jasa untuk hewan peliharaannya. Terutama pada saat liburan dimana mereka pergi
untuk liburan dan menitipkan hewan peliharaan mereka di petshop, juga karena
kesibukan mereka tidak dapat pergi ke toko untuk membeli keperluan peliharaan
mereka sehingga mereka bisa membeli secara online produk dan diantarkan ke
tempat mereka. Saingan kami adalah toko fisik maupun online yang menyediakan
produk serupa dan juga toko petshop di mall yang juga menyediakan jasa seperti
kami. Saat ini belum ada toko petshop dijalan akses UI sehingga Perusahaan kami
masih menjadi pilihan utama dan juga kami menyediakan Promosi menarik.
E. STRATEGI PEMASARAN
1.
Product
Beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahan seperti makanan untuk
hewan dengan berbagai rasa untuk meningkatkan nafsu makan pada hewan, berbagai
aksesoris untuk peliharaan, dan jasa untuk perawatan
hewan peliharaan, serta menyediakan jasa adopsi peliharaan.
2.
Price
Beberapa data dari harga produk yang di sediakan oleh perusahaan dan jasa
untuk membantu perawatan hewan peliharaan customer. Berikut adalah harga produk
yang di jual dan harga untuk jasa.
Ø Produk Food
NO
|
Produk
|
satuan
|
Harga
|
1.
|
Dog Food-Happy Dog fit
|
4 kg
|
Rp 250.000
|
2.
|
Dog Food – Royal Canin X-small
|
1 kg
|
Rp 80.000
|
3.
|
Cat Food – Royal canin Indoor
|
1,5 kg
|
Rp 150.000
|
4.
|
Cat Food – Meow-Meow Cats Snack
|
0,5 kg
|
Rp 65.000
|
5.
|
Rabbit Food- Britter Bunny
|
1 kg
|
Rp 75.000
|
6.
|
Rabbit Food – Hamsf Bunny
|
0,5 kg
|
Rp 40.000
|
7.
|
Hamster Food – Hamsfood
|
0,5 kg
|
Rp 25.000
|
8.
|
Hamster Food – Hamsfood
|
0,25 kg
|
Rp 18.000
|
Ø Produk Aksesoris
No
|
Produk
|
Harga
|
1.
|
Tempat Makan
Auto
|
Rp.195.000
|
2.
|
Kandang
Kucing,Anjing,dll size L
|
Rp.219.000
|
3.
|
Tali pengikat 8
meter
|
Rp.55.000
|
4.
|
Mainan Bola
|
Rp.62.000
|
5.
|
Minyak Bulu
Kucing,Anjing,dll 100 ml
|
Rp.60.000
|
6.
|
Sisir Bulu
|
Rp.28.000
|
Ø Jasa Perawatan dan sebagainya
Untuk jasa perawatan yang di sediakan perusahaan yaitu:
ü Penitipan hewan
Untuk penitipan hewan diadakan suatu ukuran pada hewan dengan menggunakan
ras kecil atau besar. Untuk ras kecil di kenakan harga Rp 20.000/hari, ras sedang di kenakan biaya Rp 22.500/hari, dan ras besar di
kenakan biaya Rp 25.000/hari.
ü Perawatan
Perusahaan menawarkan perawatan dengan sistem paket, beberapa paket yang di
sediakan oleh perusahan yaitu:
·
Paket A : Standar
(harga Rp30.000)
Service yang di berikan yaitu
v Pembersihan
telinga
v Potong
kuku
v Cukur bulu bagian telapak kaki, bulu perut, dan bulu daerah anus
v Mandi dengat air hangat
v Pengeringan bulu
v Menyisir dan memberikan wangi pada hewan
·
Paket B : semua
perawatan (Harga Rp80.000)
Service di berikan seperti paket A hanya di tambahkan yaitu :
v Basic grooming
v Model potongan yang di sediakan
·
Paket C : Mandi
Obat untuk kutu (harga Rp100.000)
Service yang di berikan seperti paket B tetapi di tambahkan obat untuk
membersihkan kutu yang berada di bulu hewan, untuk paket A bisa di tambahkan
untuk pemandian obat kutu dengan total perawatan tersebut di tambhakan Rp20.000
menjadi total perawatannya Rp50.000
3.
Promotion
Saat ini promosi yang
dilakukan menggunakan teknologi berbasis android dan website. Dengan hal ini
memudahkan customer dimanapun untuk membeli produk dan memboking jasa perawatan
peliharaan . untuk meningkatkan promosi penjualan dan jasa maka diadakan
penyebaran info pada media sosial seperti Facebook, Twitter hingga
Instagram.sehingga produk atau jasa yang di tawarkan dapat diketahui oleh
seluruh customer didalm negri maupun diluar negri.
Untuk menambahkan
promosi terutama pada produk barang . maka promosi dilakukan melalui situs E-Commerce seperti
Lazada,BukaLapak,Tokopedia, dan sebagainya. Dengan melakukan promis tersebut produk barang bisa di jual dengan bebas
tanpa melalui webseite atau aplikasi yang disediakan maka promosi yang
dilakukan semakin efisien dalam penjualan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar